Penyebab Kipas Angin AC Bau Amis dan Solusinya - xkvessel.com

Breaking

Thursday, January 17, 2019

Penyebab Kipas Angin AC Bau Amis dan Solusinya


Keberadaan kipas angin AC dapat membuat suasana rumah menjadi semakin nyaman. Rumah menjadi terasa lebih sejuk dan tidak pengap. Namun, apakah Anda pernah mengalami ada yang aneh pada kipas angin AC Anda? Apakah kipas angin AC Anda menghasilkan udara yang tidak seperti biasanya?

Bukannya membuat sejuk dan nyaman, udara yang dihasilkan oleh kipas angin AC justru membuat kita tidak nyaman. Aroma amis yang muncul tercium memenuhi seluruh ruangan. Aroma tersebut terasa menyengat hingga membuat kita tidak betah berada di rumah sendiri.

Timbulnya aroma yang tidak sedap membuat Anda tentu langsung mematikan kipas angin AC. Selain itu, Anda pula akan merasa malas menggunakannya lagi. Hal itu sangat disayangkan sekali. Kipas angin AC yang bau amis masih dapat kita perbaiki.

Kipas Angin AC
Apakah Penyebab Bau Amis Muncul pada kipas angin AC?
Terdapat 5 faktor yang dapat menyebabkan kipas angin AC kita menjadi bau amis, yaitu:

1. Pemakaian parfum yang memiliki kadar alkohol tinggi.
Siapa yang senang jika badan kita bau tidak sedap? Hal inilah yang menjadi alasan mengapa orang-orang senang menggunakan pewangi atau parfum. Namun, menggunakan parfum yang memiliki kadar alkohol tinggi itu akan membuat kipas angin AC bau amis. Perbuatan yang sangat sepele tapi berdampak sangat fatal ini memang jarang terpikirkan oleh kita.

Parfum dengan kadar alkohol yang tinggi akan membuat pH air yang ada pada tangki kipas angin AC menjadi asam. Hal inilah yang jika dibiarkan, lama-kelamaan akan memicu munculnya bau amis pada kipas angin AC kita.

2. Merokok
Bagi perokok, kebiasaan ini memang sulit untuk dihindari. Bahkan ada orang yang apabila tidak merokok sehari saja merasa ada suatu hal yang hilang. Banyak dari perokok yang justru tidak menghiraukan keadaan lingkungan sekitarnya. Kebiasaan inilah yang membuat kipas angin AC ini menjadi bau amis.

Asap yang ada pada udara di sekitar kipas angin AC akan tersedot oleh mesin. Kemudian, asap yang berasal dari rokok tersebut akan mengendap pada kipas angin AC yang lama-kelamaan mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkan.

3. Filter kotor
Khususnya bagi Anda yang jarang melakukan perawatan kipas angin AC, filter yang jarang dibersihkan akan membuat kuman dan bakteri terus menumpuk. Hal itulah yang menyebabkan kipas angin AC kita menimbulkan bau amis.

4. Tidak ada ventilasi
Ini salah satu keasalahan Anda dalam penggunaan kipas angin AC. Alat penyejuk ruangan ini membutuhkan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan sifat dari kipas angin AC adalah menyejukan ruangan dengan memberikan kelembapan pada ruangan melalui uap air. Jika tidak ada ventilasi, maka tentu tidak ada pergantian udara. Ruangan akan menjadi semakin lembab hingga menyebabkan terciumnya bau amis.

5. Ada bangkai serangga
Hal ini memang tidak dapat kita perkirakan. Secara tidak sengaja ada serangga yang ikut masuk kedalam mesin kipas angin AC. Serangga yang mati tersebut tentu akan membuat kuman dan bakteri bertambah dengan cepat. Hal itulah yang menyebabkan kipas angin AC kita menjadi bau amis. Serangga yang biasanya sering ditemukan adalah kecoa, cicak, semut, laron dan ngengat.

Cara Mengatasi Kipas Angin AC Bau Amis
Kesimpulan dari beberapa permasalahan di atas adalah kipas angin AC menimbulkan bau tidak sedap dikarenakan alat tersebut sedang dalam keadaan kotor. Untuk solusi yang tepat dan paling ampuh adalah dengan sering melakukan perawatan secara menyeluruh.

Untuk melakukan perawatan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan pembersih alami seperti jeruk nipis, lemon, cuka, baking soda atau sitrun. Selanjutnya, bilas dengan air bersih secara merata.  Kemudian keringkan hingga benar-benar tidak terasa lembab.

Gunakan kipas angin AC dengan benar. Simpanlah pada ruangan yang memiliki ventilasi udara. Jikalau memang ruangannya benar-benar tertutup, bukalah pintu ruangan Anda, letakan kipas angin AC di dekat pintu agar udara yang ada pada ruangan dapat bersirkulasi dengan baik.

Jangan lupa selalu bersihkan ruangan Anda, jangan sampai banyak debu. Hilangkan kebiasaan menggantungkan pakaian kotor. Hal tersebut untuk menjaga agar kuman tidak ikut tersebar ketika menggunakan kipas angin Ac.

Itulah beberapa faktor penyebab kipas angin AC bau amis dan solusinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang mengalami peristiwa bau amis akibat kipas angin AC .

No comments:

Post a Comment